22 November 2012

Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung






Sudah lama banget ingin makan  Ayam Taliwang. Ayam yang katanya berbumbu khas pedas dari Lombok. Sebenarnya aku jarang masak ayam karena emang lebih suka ikan-ikanan daripada ayam. Dan lagi suamiku yang vegetarian, membuat aku jarang banget  masak protein hewani dari jenis unggas-unggasan hehe.

Tapi berhubung sudah sangat pengen, "kemlecer" orang jawa bilang, akhirnya belilah ayam bagian paha 1/4 kg doang. maklum, karena ayam ini bakal aku konsumsi sendirian. Sebagai teman, aku juga siapkan kangkung lokal Malang untuk diolah jadi Plecing kangkung. Berbekal resep dari Kitab Makanan.com, maka bersiaplah mengolah ni ayam. Oya, ni resep udah aku modif, soalnya resep aslinya untuk 1 ekor ayam.

AYAM TALIWANG
Bahan:
1/4 kg ayam
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe keriting (aku ganti cabe merah)
1/4 sdt terasi bakar
1/2 buah tomat
1.cm kencur
1/2 sdt garam
1/2 sdm gula merah
1/4 buah jeruk limau
2 sdm minyak goreng untuk menumis
air secukupnya

Cara memasak:
1. Cuci bersih ayam, sisihkan
2. Haluskan semua bumbu kecuali jeruk limau.
3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum.
4. Masukkan ayam, tumis sebentar, lalu masukkan air. Masak sampai matang.
5. Setelah air susut, menjelang diangkat, masukkan perasan jeruk limau.



Sebagai teman dari ayam Taliwang ini aku buatkan Plecing kangkungnya.Biasanya, kalo Plecing Kangkung yang asli, memakai Kangkung asli dari Lombok. Yang katanya (aku belum pernah icip soalnya) lebih crunchy. Berhubung di Malang, pakenya Kangkung Malang hehe.

PLECING KANGKUNG
Bahan:
1 ikat kangkung
7 buah cabe rawit
1 buah cabe merah
1/4 sdt trasi
sedikit kencur
1/4 buah tomat
garam secukupnya
gula merah sesuai selera
jeruk limau
kacang goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Siangi kangkung, lalu cuci bersih. Masak sebentar saja, lalu tiriskan, susun di atas piring.
2. Bersihkan semua bahan sambel/plecing.
3. Ulek sampai halus semua bahan kecuali jeruk limau.
4. Tambahkan perasan jeruk limau.
5. Taruh plecing di atas kangkung, taburi kacang goreng secukupnya. Sajikan.

Wah ternyata sensainya kena banget. Huh hah huh hah sendiri. bikin nagih maemnya.Enaaakk. Oya, tidak disarankan untuk penikmat kuliner yang punya sakit maag yaa.

2 komentar:

  1. wah ternyata gampang ya mba bikin ayam taliwang, makasih udah berbagi resepnya,hehehe

    BalasHapus
  2. wah ternyata gampang ya mba bikin ayam taliwang, makasih udah berbagi resepnya,hehehe

    BalasHapus