3 Januari 2013

LBT # 5 Kue Tradisional Panggang / Oven





LBT#5 KUE TRADISIONAL PANGGAN / OVEN
by. Denis Saraswati (290)

Bismillahirohmannirrohim
Alhamdulillah akhirnya saya bisa ngumpulin pr juga. meskipun terlambat (maaf mbak Yunita yaa).
Setelah tahu kalo pr bulan ini adalah kue tradisional yang dipanggang, bayangan saya langsung tertuju kepada kue lumpur ubi ungu. Tapi karena saya pikir sepertinya akan banyak yang bikin, akhirnya saya putuskan bikin serabi. Udah bikin sih, serabi tabur keju (karena suami saya gak suka yang manis-manis, karena beliaulah yang harus berbagi tugas ngabisin kue bersama saya hehe), saat foto-foto, eh suami saya tiba-tiba nyelutuk. "Dik, sebenernya daripada serabi, mending kue rangin aja. Kan sekarang jarang tuh". Waaah....cling cling ...ada ide lagi nih...
Akhirnya dengan bahan yang masih banyak (parutan kelapa yang muda) saya putuskan bikin kue rangin.
Kue rangin ini klo di betawi disebut Kue Rangi dengan topping gula merah cair. Tapi di Malang, disebut Kue Rangin dan bertopping gula putih halus.
Saya bikinlah tuh kue Rangin. Nah untuk manggangnya, karena saya gak punya, maka saya terbang ke tukang jual Kue Rangin. Bapak ini berjualan di depab TBK Avia kota Malang. Lumayan jauh dari rumah, sekitar 20 menitan. gak papa deh....struggle dikit yang penting ngerjain pr.
Sesampainya di depan TBK, say minta ijin bapak untuk mengganggu pekerjaanya, dengan nebeng manggangin kue Rangin adonan saya dari rumah. Alhamdulillah diperbolehkan oleh bapak Maluki (yang jual Kue rangin) untuk minjam bentar cetakannya. Saya bilang beli, tapi bawa bahan sendiri (hehe kemenyek yaa). tapi apa yang terjadi teman-teman....ternyata resep saya berbeda dengan resep bapak Maluki. Saya bikin pake tepung kanji (sesuai resep), sedang bapaknya bikin dari tepung terigu..hahahaha....piye iki...saya ketawa sendiri, sambil nunggu kuenya mateng. (Tapi dari sini saya juga jadi dapat resep lain kue Rangin dari bapak Maluki, makasih bapak). Oya, meski saya minjem cetakannya bapak, tapi saya manggang sendiri lhooo...sambil diajari caranya sama bapak (berasa ikutan program Jika Aku Menjadi hihi).
Akhirnya setelah diselingi ngobrol panjang lebar ama bapak, saya bawa pulang tu Kue Rangin. Nggak lupa saya minta maaf ke bapak karena udah ganggu kerjaannya dan menghaturkan terima kasih yang tak terhingga atas jasa baik beliau buat saya (semoga bapak tambah barokah jualannya ya).
Sampai di rumah, saya toppingin tu si Rangin. Foto-foto bentar, jadi deh.....Kue Rangin yang gurih, bertabur gula halus...paduan yang emmm
hhhffff Alhamdulillah...ini dia resepnya.

Kue Rangin
Bahan:
250 Tepung kanji ( bisa dimodif dengan tepung terigu, ato tepung terigu semua seperti punya bapak Maluki)
50 gr Parutan kelapa yang muda (ditambah sesuai selera lebih enak, lebih guruh)
1 sdt garam
450 ml air matang (airnya dikurangi aja, cukup sampai adonan jadi kental aja)
100 gr gula halus untuk taburan (sesuai selera Kue Rangin Malang)

Cara membuat:
1. Campur Tepung, Kelapa parut dan garam jadi satu.
2. Beri air sedikit demi sedikit, sampai diperoleh adonan yang kental.
3. Tuang adonan di atas cetakan kue rangin yang udah dipanaskan.
4. Ratakan adonan, tutup cetakan tunggu sampai matang.
5. Setelah matang, beri taburan gula halus.

Selamat mencoba buat yang pengen ya..
Salam hangat buat semuanya ^_^

Resep Kue Rangi saya peroleh di : http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Kue/Kue-Rangi
Sedangkan Kue Rangin yang pake tepung terigu saya peroleh dari Bapak Maluki, penjual Kue Rangin di depan TBK Avia Malang.

1 komentar: