3 Januari 2013

LBT # 10 Sweet Bread



LBT # 10 SWEET BREAD
Denis Saraswati (290)

Bismillahirohmanirrohim
Alhamdulillah akhirnya bisa setor pr di awal waktu (pr yang lalu malah lupa nggak di tag ke BBLBT). Untuk pr kali ini, saya memakai resep Soft Bread dari NCC yang sedikit saya modifikasi. nguleninya, jangan tanya...tangan sampai kram hihi. Tapi gak apalah, namanya juga belajar. Kalo enggak "sengsara" kayaknya kurang pas gitu hihi (mbak Ulin, sengsara nih maksudnya kerja kueras lho ya :-)).
Saat nguleni, setengah jam belum kalis juga. Akhirnya saya ingat teknik bu Maryam Kalangi yang memakai teknik memukul-mukul adonan. Saya carilah tuh tongkat. Tapi enggak ada. Akhirnya pakai gagang sutil kayu (hihi tak ada rotan akarpun jadi. Satu jam belum kalis juga. Akhirnya saya ambil tongkat aluminium. Saya selubungi plastik panjang, lalu puku-pukul si adonan. Alhamdulillah akhirnya jadi juga. Oya, saya namai 1 to 6 Sweet Bread, karena ada 6 variasi isi roti :-). Resepnya ini yaa...

1 to 6 SWEET BREAD
Source NCC Modified by me

Bahan:
200 gr tepung cakra
50 gr tepung segitiga
20 gr otentic dolce
50 gr gula pasir
50 gr margarin dan butter
1/2 sdt garam
2 btr kuning telur
100 cc susu cair uht

Filling
- Selai aprikot dan kismis
- Ceri merah
- Selai rasberi dan almond slice
- bumbu speku dan almond slice
- Choco balls
- Keju

Cara membuat :
1. Masukkan dalam baskom terigu, otentic dolce, gula pasir.
2. Kocok telur bersama sebagian susu, masukkan ke dalam baskom terigu, mulailah menguleni.
3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sampai adonan setengah kalis.
4. Setelah adonan setengah kalis, masukkan garam dan margarin butter. Uleni lagi sampai kalis elastis.
5. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam.
6. Setelah mengembang bagi adonan @50 gr. Lalu istirahatkan selama 15 menit
7. Setelah 15 menit, kempiskan masing-masing adonan untuk diberi filling sesuai selera.
8. Panggang kue sekitar 15-20 menit.
9. Sweet Bread siap dinikmati
Selamat menikmati ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar