23 Januari 2013

Rujak Uleg Malang IDFB # 8




Setelah beberapa kali event Indonesian Food Blogger gagal saya ikuti, kali ini harus bisa ikut. Itu tekad saya . Ceile kayak apaan aja ya. Ya iyalah,  karena niat aja gak cukup kaan, harus ada tekad mewujudkannya.




Tantangan ini saya buat Rujak Uleg Malang. Di tempat lain kadang disebut Rujak Petis, Rujak Cingur dll. Karena Rujak ini ada di Malang, saya  sebut aja Rujak Uleg Malang. Resepnya darimana? Dari ibuk penjual rujak yang biasa saya beli. Gak tanya-tanya sih, cuman liat apa aja yang beliau ramu di cobeknya yang besar itu qiqiqi.

Rujak ini termasuk makanan favorit keluarga saya. Suami saya yang seorang Vegetarian, membuat saya harus sering bikin makanan yang tidak mengandung daging apapun. Nah Rujak ini salah satu favorit yang bisa dimakan berdua, secara saya juga sukaaaa banget :-)

Kalo dulu di warung-warung Rujak, juga disediakan kolah singkong dan pisang. Tapi sekarang udah jarang yang menyediakan menu dessert tersebut. Banyakan, jual Rujak, sekalian Tahu Lontong dan Tahu telur.

Rujak Uleg Malang
Bahan:
Kangkung se ikat
Kacang panjang 6 lonjor
Cambah 1 ons
Kubis 1/4 bagian yang sedang
Lontong
Mentimun
Tempe
Tahu
Menjes (tempe kacang yang digoreng pakai terigu)
Cingur atau ceceksapi

Cara membuat:
1. Sayur-sayuran direbus sampai cukup matangnya (jangan terlalu matang )
2. Tempe, tahu, cecek digoreng memakai bumbu (kunyit, garam, ketumbar,bawang putih) Sedang Menjesnya digoreng memakai tepung dengan bumbu yang sama.

Bumbu halus: (untuk seporsi)
Cabe rawit sesuai selera
Gula merah sesendok makan
 Kacang tanah sesendok makan
Garam secukupnya
Asem Jawa campur air matang sesendok teh
Petis biasa 1 sdm
Petis udang 1 sdt munjung
Pisang Kepok 5-6 iris
Trasi sedikit

1. Semua bumbunya diuleg jadi satu, tambahkan air matang sampai kekentalannya cukup.
2. Lalu  disiramkan di atas sayur dan gorengan yang telah dipotong-potong

Penyelesaian:
1. Letakkan sayuran di piring. Beri beberapa potong lontong, tempe, tahu, menjes, cingur goreng yang sudah dipotong-potong.
2. Siramkan bumbu yang sudah dihaluskan di atasnya. Taburi cambah dan cabe rawit.
3. Rujak Uleg siap dihidangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar