3 Januari 2013

LBT # 4 Rolled Cookies



LBT#4 ROLLED COOKIES
by. Denis Saraswati (290)

Alhamdulillah...setelah bulan kemarin belum bisa mengikuti LBT (karena terlambat daftar), akhirnya bulan ini sudah bisa ikut meramaikan LBT bersama teman-teman.
Gimana rasanya? Waaah deg-degan gimana gitu...maklum, karena ini adalah PR saya yang pertama.
Beberapa hari yang lalu udah inget-inget mau bikin kukis. Tapi sampai kemarin siang masih biiiiiiiingung mau bikin apa. Setelah mencari-cari di laman kukis, akhirnya nemu deh si Kukis Pelangi Keju ini.
Saat tadi pagi nyiapin bahan-bahan, gak sadar ngeluarin tepung terigu. Untung aja pas perasaan gak enak, langsung deh baca lagi bahan-bahan yang dibutuhkan.
Bener juga, ternyata yang saya butuhkan adalah tepung kanji hehe.
Kukis ini emang terbuat dari tepung kanji. Tapi karena ada tepung sagu, maka setengah dari kanji, saya ganti dengan tepung sagu. Rasanya?...hampir mirip ama sagu keju...cuma gak pake butter dan susu.
Resepnya saya ambil dari *Resep Masakan Indonesia*.

Kukis Pelangi Keju
*Resep Masakan Indonesia

Bahan:
250 gr Tepung Kanji (klo saya, yang setengah pake tepung sagu)
100 gr Margarin
100 gr Gula halus
3 btr Kuning Telur
1/4 sdt Vanilli bubuk
1/4 sdt Garam
4 macam Pewarna Makanan (saya pakai pink. kuning, ungu, hijau)
1 btr Putih telur untuk olesan
50 gr Keju chedar parut

Cara Membuat:
1. Kocok margarin hingga lembut dan putih
2. Di tempat lain, kocok gula, telur, garam, vanilli hingga putih dan mengembang.
3. Campur margarin kocok dan gula kocok, tambahkan tepung kanji, aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 4. Lalu warnai masing-masing adonan tersebut.
5. Gilas masing-masing adonan setebal 1 cm. Lalu tumpuk semua sambil sedikit ditekan supaya menempel.
6. Cetak kukis sesuai selera. Lalu olesi putih telur dan taburi keju. (Setelah cetakan pertama, sisa adonan saya campur seperti marmer)
&. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 20 menit.

Alhamdulillah...seneng banget, akhirnya bisa belajar bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar